GPPE 2024

TMMD Wujud Sinergi Membangun Negeri

PASARKAYU
SaeXpo 2023 Jogja

Kulon Progo SURYAPOS Bupati Kulon Progo Drs H. Sutedjo menekankan sikap masyarakat agar selalu dan terus menjaga semangat gotong-royong dalam membangun desa. Hal tersebut disampaikan saat  membuka Program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Sengkuyung Tahap III Tahun 2021 di Ruang Menoreh, Kompleks Kantor Pemda  Kulon Progo, secara daring, Rabu (15/09/2021).

Bupati Sutedjo menyatakan semangat gotong royong saat ini sangat relevan dengan tema program TMMD, yaitu, TMMD Wujud Sinergi Membangun Negeri, yang dalam hal ini merupakan perwujudan dan implementasi gotong royong antara  masyarakat dibantu TNI dalam pembangunan dalam beberapa bidang.

AYO PASANG IKLAN

Hendaknya semangat gotong royong ini bisa menjadi spirit alam melaksanakan kegiatan bersama rakyat yang nantinya mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakat itu sendiri,” demikian penggalan sambutan Sutedjo.

Lebih lanjut Sutedjo berharap  adanya kemanunggalan antara TNI dengan masyarakat, sehingga TMMD bisa berjalan baik dan sesuai dengan rencana yang telah dicanangkan berhasil dengan maksimal.

Kemanunggalan itulah yang harus kita jaga. Jangan sampai ada pandangan TNI dibantu masyarakat, namun TNI-lah yang membantu kita,” ungkap Sutedjo lebih lanjut.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarat Desa dan Pengendali Pendudu dan Keluarga Berencana Kabupaten Kulon Progo, Drs. Ariadi, MM mengatakan, Program TMMD Sengkuyung Tahap III merupakan kegiatan TMMD penutup untuk tahun anggaran 2021 yang akan dilaksanakan di Kelurahan Ngentakrejo, Kalipawon, Lendah untuk perbaikan sarana dan prasarana.

Sasaran kegiatan pada tahap ketiga ini masih sama dengan TMMD yang lalu, antara lain pembangunan fisik seperti mengecor jalan, pembangunan nonfisik lainnya, sangat mungkin juga vaksinasi covid-19 yang akan berkoordinasi dengan Kodim,” terang Ariadi.

Ariadi menambahkan, dana TMMD berasal dari APBD Kulon Progo sebesar Rp. 150 juta, APBD DIY Rp. 75 juta, dan swadaya masyarakat berupa tenaga kerja, konsumsi, dan material.  Sasaran fisik berua renovasi atap masjid dan mengerasan jalan dengan model cor.

Komandan Kodim 0731 Kulon Progo, Letkol Inf Dodi Susanto, A.Md menyambut baik program TMMD dan hasilnya bisa bermanfaat bagi warga sekitar. Menurutnya aik TNI maupun Polri siap membantu mayarakat untuk bisa membuat sarana dan prasarana menjadi leih baik.

Usai upacara pembukaan TTMD Sengkuyung Tahap III agenda dilanjutkan dengan peninjauan lapangan. Hal ini sebagai wujud cek dan ricek bukan semata seremonial.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

IFMAC & WOODMAC 2024