BIMTEK Kementan RI Tentang Manajemen Peternakan dan Kesehatan Hewan di Kabupaten Karanganyar

banner before

Karanganyar SURYAPOS Balai Inseminasi Buatan Lembang bekerja sama dengan Kementrian Pertanian Republik Indonesia melaksanakan kegiatan BIMTEK (Bimbingan Teknis) Manajemen Peternakan dan Kesehatan Hewan bagi peternak di Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah Jumat (15 /10).

Kegiatan BIMTEK tersebut di hadiri Kepala Balai Inseminasi Buatan Lembang serta perwakilan dari Anggota DPR RI Komisi empat Luluk Nur Hamidah serta 50 orang peserta dari masing-masing desa yang merupakan perwakilan dari berbagai kelompok tani/peternak.

BIMTEK yang di fokuskan pada manajemen ternak dan manajemen limbah ternak ini di awali dengan pemaparan materi oleh pembicara dan di lanjutkan dengan diskusi.

Luluk Nur Hamidah dalam pemaparannya sampaikan bahwa kegiatan ini sebagai upaya dalam meningkatkan
kemampuan peternak dalam mengelola usaha peternakan dengan baik, upaya yang mesti dilakukan untuk meningkatkan kesejahteraan peternak.

” Kandang komunal lebih efektif daripada kandang pribadi, dari sisi pengawasan kesehatan, penyediaan pakan, penyediaan bibit dan pemasaran pasca panen akan lebih terkontrol ” pesan Luluk Nur

Lebih lanjut Luluk Nur, harapan kedepan untuk peternakan di karanganyar agar lebih termanajemen dan terjamin kesehatan hewannya sehingga hasil peternakan bisa meningkat secara kualitas dan kuantitas sehingga pendapatan meningkat dan bisa mencukupi untuk kebutuhan, jelas Luluk Nur

Sementara dari penyelengara BIMTEK Gus Ipul sampaikan Ilmu dan pengetahuan serta teknologi dalam dunia peternakan senantiasa berkembang namun yang menjadi tantangan adalah akses peternak terhadap perkembangan tersebut masih terbatas.

“Ini sebagai forum diskusi dalam menambah Ilmu untuk lebih meningkatkan pengetahuan dalam pengelolaan limbah Peternakan,sehingga bisa memberikan nilai lebih bagi para kelompok ternak di karanganyar ini,” jelas Ipul .

Harapan Kedepan para petani/ peternak di Kabupaten Karanganyar ini bisa lebih sejahtera dengan adanya Bimbingan Teknis dari Balai Inseminasi Buatan Lembang bekerja sama dengan Kementrian Pertanian Republik Indonesia ini .

banner 120x600

Leave a Reply

Your email address will not be published.