Peringati Sumpah Pemuda, Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat Gelar Pentas Musikan.

banner before

Yogyakarta SURYAPOS – Dalam rangka Peringatan Hari Sumpah Pemuda, kelompok musikan Mandalasana dari Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat kembali menggelar Pentas Musikan Mandalasana di Kagungan Dalem Bangsal Mandalasana Karaton Ngayogyakarta Hadiningrat pada Kamis (28/10).

Pentas Musikan Mandalasana kali ini, akan menghadirkan lagu-lagu dengan nuansa kebangsaan dan kepemudaan, yang dibawakan dalam format string ensemble dan juga disiarkan secara langsung melalui streaming YouTube kraton Jogja.

Menurut Penghageng KPH Kridhomardowo Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat, KPH Notonegoro pada awak media, menuturkan jika pementasan kali ini akan didominasi violin, viola, cello dan kontrabass, juga menghadirkan instrumen perkusi.

Kelompok Musikan Mandalasana merupakan kelompok musik yang terdiri dari para abdi dalem Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat yang tergabung dalam Kesatuan Musikan, yang mana pada jaman dulu bertugas memainkan musik Eropa.

Sementara itu, nama Musikan sendiri berasal dari bahasa Belanda yang berarti musikus, meski cukup lama tidak terdengar eksistensinya, jejak keberadaan para abdi dalem pemain musik ini masih bisa kita jumpai di Kampung Musikanan, yang dulunya Kampung ini ditinggali oleh para musikus dari abdi dalem Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat.

banner 120x600

Leave a Reply

Your email address will not be published.