KAYU123
PemerintahanUmum

Dirjen Dukcapil Dorong Pelayanan Prima di Dinas Dukcapil se-NTT

×

Dirjen Dukcapil Dorong Pelayanan Prima di Dinas Dukcapil se-NTT

Sebarkan artikel ini
JIFFINA 2025

Kupang (NTT), SURYAPOS.id – Ditjen Dukcapil Kementerian Dalam Negeri terus mendorong pelayanan prima administrasi kependudukan di Nusa Tenggara Timur (NTT).

Pada kunjungan kerja ke Provinsi NTT, Dirjen Dukcapil Teguh Setyabudi menyatakan, meskipun masih ada tantangan, berbagai upaya dilakukan Ditjen Dukcapil untuk terus meningkatkan kualitas pelayanan dan memastikan bahwa semua penduduk NTT mendapatkan hak-hak kependudukan mereka.

PASARKAYU

Baca juga: Korban Kecelakaan KRL di Lempuyangan Masih Dirawat di RS Sardjito

“Meskipun kita terus mengupayakan peningkatan kualitas pelayanan Adminduk, beberapa daerah di NTT mungkin masih menghadapi tantangan dalam hal infrastruktur, sumber daya manusia, dan penyebaran informasi yang merata. Kondisi geografis NTT yang kepulauan juga dapat menjadi kendala dalam penyediaan pelayanan yang optimal di semua wilayah,” kata Dirjen Teguh Setyabudi usai bertemu dengan para Kadis Dukcapil se-Provinsi NTT di kantor Disdukcapil Provinsi NTT, di Kupang, Rabu (9/7/2025).

Usai bertemu para Kadis Dukcapil, Dirjen Teguh melanjutkan kunjungannya Kantor Dinas Dukcapil Kota Kupang didampingi
Wali Kota Kupang, Christian Widodo.

Baca juga: Tradisi Petik Laut di Pantai Sadeng Gunungkidul, Simbol Rasa Syukur Nelayan

Turut serta dalam rombongan Dirjen Dukcapil, Direktur Bina Aparatur, Erliani Budi Lestari, dan Kasubdit Wilayah IV Bina Aparatur, Diana Anggraeni. Sementara Walikota Kupang didampingi Kadis Dukcapil NTT, Johny Ericson Ataupah, Kadis Dukcapil Kota Kupang, Angela Tamo Inya, serta Kadis Dukcapil Kabupaten Kupang, Timor Tengah Selatan dan Malaka.

Kunjungan ini merupakan bagian dari monitoring langsung terhadap pelayanan administrasi kependudukan dan catatan sipil di daerah, khususnya di bumi “Nusa Cendana”.

Baca juga: Pemkab Gunungkidul Gencar Cegah Stunting dengan Skrining Kesehatan di Sekolah

Dirjen Dukcapil beserta jajaran juga meninjau langsung pelayanan di Dinas Dukcapil dan Mal Pelayanan Publik (MPP) Kota Kupang. Ia juga sempat berdialog langsung dengan masyarakat yang sedang mengakses layanan.

“Kami bersyukur bisa hadir langsung di Kupang, melihat pelayanan Dukcapil di sini berjalan lancar, dan pelayanannya nyaman dan optimal. Masyarakat yang kami wawancarai juga menyampaikan tidak ada kendala berarti, dan yang terpenting, semua layanan ini gratis,” ujar Dirjen Teguh.

Dalam kesempatan tersebut, Dirjen Dukcapil juga memberikan dukungan penuh untuk penguatan pelayanan Dukcapil di Kota Kupang. Ia berjanji akan membantu kelengkapan sarana dan prasarana, serta peningkatan kondisi lingkungan sekitar kantor Dukcapil.

Dirjen Teguh juga mengingatkan masyarakat untuk menjaga dokumen kependudukan seperti KTP elektronik agar tidak mudah rusak atau hilang, serta segera memperbarui data jika terjadi perubahan seperti pindah domisili, lahir, atau meninggal.

Baca juga: Remaja di Bantul Jadi Korban Penganiyaan, Pelaku Kabur ke Arah Selatan

Ia turut mendorong percepatan aktivasi Identitas Kependudukan Digital (IKD), mengingat sistem ini akan menjadi tulang punggung layanan digital nasional ke depan. “Aktivasi IKD bisa dilakukan dengan mudah lewat aplikasi di App Store atau Play Store. Nantinya IKD akan terkoneksi dengan berbagai layanan publik termasuk bansos, perbankan, dan verifikasi data penerima manfaat,” jelasnya.

Sementara itu, Wali Kota Kupang Christian Widodo menyampaikan rasa syukur dan apresiasinya atas kunjungan kerja Dirjen Dukcapil dan seluruh tim. “Kami merasa bangga dan bersyukur atas kunjungan ini. Terima kasih Pak Dirjen atas perhatiannya untuk Kota Kupang. Bahkan kami langsung diberi 4.000 keping blanko KTP elektronik saat itu juga, ini sangat membantu,” ungkap Wali Kota.

Baca juga: Polisi Bekuk 2 Pelaku Penipuan di Bantul, Berkedok Beli Handphone Lalu COD-an di Kontrakan

Menurutnya, kehadiran Dirjen Dukcapil membawa banyak berkah dan semangat baru dalam meningkatkan kualitas layanan adminduk di Kota Kupang. Ia juga menyambut baik arahan untuk memperkuat komunikasi langsung tanpa harus terhambat oleh birokrasi.

“Pak Dirjen juga tadi sudah sampaikan bahwa ke depan kalau ada yang perlu dikonsultasikan, bisa langsung lewat komunikasi pribadi. Ini tentu sangat memudahkan dan mempercepat layanan kami ke masyarakat,” tambah Wali Kota.

AYO PASANG IKLAN
JIFFINA 2025

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

VENEERKAYU