GPPE 2024 Surabaya

Vaksinasi Booster Hanya Untuk Tenaga Kesehatan.

PASARKAYU
SaeXpo 2023 Jogja

JAKARTA. suryapos.id Kementerian Kesehatan menyatakan bahwa Vaksinasi dosis ketiga ( booster) hanya diperuntukkan bagi tenaga kesehatan dan tenaga pendukung kesehatan lainnya yang telah mendapatkan suntikan vaksin pertama dan kedua seperti yang dijelaskan oleh juru bicara Vaksinasi Covid-19 Kementerian Kesehatan dr Siti Nadia Tarmidzi  dalam press releasenya pada 1 Agustus.

Sesuai dengan SE Direktorat Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit No HK.02.01/1/1919/2021 tentang Vaksinasi dosis ketiga bagi seluruh Tenaga Kesehatan, Asisten Tenaga Kesehatan dan Tenaga Penunjang yang bekerja di Fasilitas Pelayanan Kesehatan. 

Rekomendasi dari ITAGI adalah saat ini kita dapat menggunakan platform yang sama atau berbeda untuk vaksinasi dosis ketiga. Pemerintah telah menetapkan akan menggunakan vaksin Moderna untuk pemberian dosis ketiga bagi Tenaga Kesehatan dikarenakan vaksin Moderna efikasinya paling tinggi“, ujar dr Nadia.

Pemberian vaksin booster untuk sekitar 1.5 juta Tenaga Kesehatan tetap akan memperhatikan kondisi kesehatan sasaran, apabila yang bersangkutan alergi karena tidak boleh mendapatkan vaksin dengan platform mRNA maka bisa menggunakan jenis vaksin yang sama dengan dosis pertama dan kedua.

Vaksin Moderna yang akan dipakai sebagai booster adalah mRNA 1273 yang penyuntikannya dilakukan secara intramuskular dengan dosis 0.5 ml sebanyak 1 dosis“, pungkas dr Nadia. 

B O NIKLAN

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

IFMAC & WOODMAC 2024