Umum  

Upacara Adat Jamas Pusaka Untuk Peringati Hari Jadi ke-109 Kalurahan Genjahan,

banner before

Gunungkidul,Suryapos.id Dalam rangka memperingati hari jadi ke -109  Kalurahan Genjahan Kapanewon Ponjong mengadakan Upacara ritual adat budaya  jamasan  pusaka  dan gebyar tosan aji di Balai Kalurahan Ponjong, dengan sederhana dan tetap menerapkan protokol kesehatan yang ketat Jumat (27/08)
Acara  adat jamasan pusaka  yang di gelar ini bertujuan untuk  nguri -uri kabudayan jawa sebagai warisan leluhur yang harus tetap di jaga dan di lestarikan karena pusaka merupakan  jati diri budaya orang jawa.
 Seperti Keris dan tombak serta jenis Pusaka lainnya di samping mempunyai nilai seni juga  merupakan simbol  spiritual orang jawa dari jaman dahulu hingga saat ini sebagai simbul  perjuangan dan Kawibawan .
Upacara budaya adat  jamasan pusaka ini di hadiri langsung oleh  Wakil Bupati Gunungkidul  Heri Susanto, untuk memberikan sambutan. Bupati sangat mengapresiasi kegiatan ini, karena kegiatan adat ini sebagai bentuk pelestarian budaya leluhur yang ada di masyarakat Gunungkidul.
"Kegiatan ini sebagai wujud pelestarian budaya serta bukti nyata masyarakat  Gunungkidul dalam mempertahankan serta menggali potensi budaya yang ada di Gunungkidul,"ungkap Heri.
Lanjut Heri "sebagai wujud dukungan dan  keseriusan Pemerintah Kabupaten dalam memperhatikan budaya kedepanya nanti  akan semakin meningkatkan  kepedulian serta perhatian  bagaimana semua potensi dan semua sumberdaya baik itu potensi sejarah,budaya, dan potensi alam bisa kita sejahterakan agar nantinya bisa dikenal secara nasional bahkan internasional" jelas Heri 
Dalam kesempatan itu Wakil Bupati juga mengingatkan kepada seluruh masyarakat untuk bersama- sama menjaga penyebaran Virus Covid-19,yang saat ini sudah mulai melandai untuk Gunungkidul ,tetap patuhi protokol kesehatan dan mengikuti vaksinasi bagi yang belum .
"Dari data yang ada "Gunungkidul  termasuk penyumbang angka tertinggi kematian akibat covid-19, hal tersebut disebabkan karena ada warga yg terpapar tapi tidak mau ke rumah sakit ,mau ke rumah sakit saat sudah kondisi parah, untuk  itu kami mohon kepada seluruh masyarakat untuk segera vaksin dan untuk masyarakat yang terpapar agar segera dibawa ke shelter" pungkas Heri. (Jumat 27/08/2022) Blly-HSN
banner 120x600

Leave a Reply

Your email address will not be published.