GPPE 2024

Sinyal Kuat Calon Panglima TNI, Pengganti Marsekal TNI Hadi Tjahjanto.

PASARKAYU
SaeXpo 2023 Jogja

Yogyakarta SURYAPOS – Masa Pensiun Panglima TNI, Marsekal TNI Hadi Tjahjanto semakin dekat, namun hingga saat ini Presiden Joko Widodo belum mengirimkan Surat Presiden (Surpres) pada Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) terkait dengan pengganti Marsekal TNI Hadi Tjahjanto yang memasuki pensiun.

Namun ada kejadian menarik saat keberangkatan Presiden Joko Widodo ke luar negeri dalam rangka menghadiri KTT G20 di Roma, Italia pada Jumat (29/10) pagi di Bandara Internasional Soekarno Hatta Tangerang Banten, terlihat Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Andika Perkasa berdiri tepat di samping Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo, bersama Gubernur Banten Wahidin Halim dan Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Pratikno.

AYO PASANG IKLAN

Yang menarik adalah, kehadiran KSAD Jenderal TNI Andika Perkasa yang ikut melepas lawatan Presiden Joko Widodo, jika biasanya di samping Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo adalah Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, atau jika Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Metro Jaya ikut melepas lawatan Presiden, maka disampingnya pasti ada Panglima Komando Daerah Militer (Pangdam) Jaya.

Isu pergantian Panglima TNI, kencang berembus mengingat pada 8 Oktober 2021 mendatang, Marsekal TNI Hadi Tjahjanto sudah memasuki masa pensiun, beredar dua kandidat sebagai calon pengganti Marsekal TNI Hadi Tjahjanto yakni, KSAD Jenderal TNI Andika Perkasa dan Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Yudo Margono S.E., M.M.

Berbagai spekulasi beredar terkait dengan isu siapa bakal pengganti Marsekal TNI Hadi Tjahjanto sebagai Panglima TNI, dari Istana sendiri belum ada suara terkait isu calon Panglima TNI, seperti dituturkan oleh Juru Bicara Presiden, Fadjroel Rachman pada Jumat (22/10) bahwa Presiden Joko Widodo saat ini tengah menimbang siapa yang layak dan terbaik dalam menggantikan Marsekal TNI Hadi Tjahjanto.

Kita bersabar saja, Presiden pasti akan mengambil keputusan yang terbaik, mengingat itu adalah hak prerogatif Presiden“, ujar Fadjroel.

Namun ada beberapa pihak yang menyimpulkan jika kehadiran KSAD Jenderal TNI Andika Perkasa, di Bandara Internasional Soekarno Hatta Tangerang Banten, saat melepas lawatan Presiden Joko Widodo ke Roma Italia, adalah sebuah sinyal kuat dari Istana terkait dengan calon Panglima TNI.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

IFMAC & WOODMAC 2024