GPPE 2024 Surabaya

Semarakkan Hari Lanjut Usia Nasional Ke-28, Ribuan Lansia Ikut Senam Massal di Lapangan Paseban

PASARKAYU
SaeXpo 2023 Jogja

Bantul (DIY), SURYAPOS.id – Sejak pukul enam pagi, Lapangan Paseban dipadati lansia dari berbagai wilayah Bantul. Datang sendiri maupun berkelompok, mereka memiliki tujuan sama, yakni menyemarakkan Hari Lanjut Usia Nasional (HLUN) ke-28 Kabupaten Bantul yang dirayakan pada Jumat (28/6/2024).

Digawangi oleh Komda Lansia Kabupaten Bantul, kegiatan ini bertujuan untuk memberikan perhatian dan penghargaan kepada lansia. Hal ini juga sebagai upaya mengangkat derajat lansia dan melihat lansia sebagai potensi negara, bukan beban.

AYO PASANG IKLAN

Tak hanya itu, ini juga bentuk kampanye dan edukasi kepada masyarakat untuk memposisikan lansia sebagai orang yang dihormati dan memberikan peran penting. Dan yang tak kalah penting, kegiatan senam untuk lansia diharapkan dapat menjaga kebugaran fisik dan semangat lansia dalam beraktivitas sehari-hari.

Tujuan dari Komda Lansia Bantul tentunya selaras dengan tema peringatan HLUN tahun ini, yaitu Lansia Terawat, Indonesia Bermartabat.

“Siapa bilang lansia tidak berdaya? Kita doakan agar semua lansia di Bantul sehat, sejahtera, produktif. Kita harus ingat bahwa keberhasilan, kemajuan, kenyamanan, dan kebahagiaan yang kita dapatkan saat ini juga atas perjuangan lansia kita. Maka berikan kesempatan dan penghargaan bagi mereka dengan pendampingan yang tulus. Jadi betul memang tema tahun ini, Lansia Terawat Indonesia Bermartabat,” ujar Wakil Bupati Bantul sekaligus Ketua Umum Komda Lansia Kabupaten Bantul, Joko Purnomo.

Sebagai upaya mendukung lansia terawat, sejumlah program seperti bantuan permakanan, program sembako, hingga program keluarga harapan pun dilaksanakan oleh Pemerintah Kabupaten Bantul. Implementasinya disinergikan melalui lembaga berbasis masyarakat atau pendekatan komunitas dengan menguatkan peran pendampingan oleh masyarakat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

IFMAC & WOODMAC 2024