GPPE 2024
Polri, Umum  

Polres Bantul Telah Menyiapkan Rekayasa Lalu Lintas Apabila Terjadi Kemacetan Saat Libur Lebaran

PASARKAYU
SaeXpo 2023 Jogja

Bantul (DIY), SURYAPOS.id – Pantai Parangtritis masih menjadi primadona wisatawan yang datang ke Yogyakarta. Dengan datangnya libur Lebaran 1445 H, berpotensi terjadi kepadatan di jalan menuju wisata pantai tersebut.

Kondisi itu bisa mengakibatkan jalur utama menuju Pantai Parangtritis, yaitu Jalan Parangtritis dipadati kendaraan wisatawan dari berbagai arah, sehingga berpotesi menimbulkan penumpukan kendaraan terutama di persimpangan.

AYO PASANG IKLAN

Kasi Humas Polres Bantul, AKP I Nengah Jeffry Prana Widnyana menjelaskan, Polres Bantul telah menyusun strategi untuk mengantisipasi hal tersebut.

“Untuk mengantisipasi kemacetan di jalur utama menuju Pantai Parangtritis, kami siapkan rekayasa lalu lintas,” kata Jeffry, Jumat (29/3/2024).

Pihaknya akan melakukan pengalihan arus di S3 Sempalan Pundong apabila kendaraan yang menuju Pantai Parangtritis sudah antri diatas jembatan Kretek I.

“Nantinya juga akan dipasang petunjuk arah pada penggal-penggal yang dilakukan rekayasa lalulintas,” jelasnya.

Kendaraan yang dialihkan, kata Jeffry, adalah sepeda motor dan mobil penumpang (R2 &R4), untuk bus dan kendaraan besar (barang) tetap melalui Jalan Parangtritis.

“Kami juga akan menempatkan tim urai di simpang 3 jembatan Kretek I yang merupakan jalur rawan kepadatan arus,” terang dia.

Pengalihan arus lalulintas kawasan wisata Mangunan dalam rangka libur Lebaran 1445 H.

Jeffry mengungkapkan, pihaknya akan berkoordinasi dengan Pokdarwis dan relawan sebagai tim ganjal ban serta menutup jalur cino mati bagi wisatawan. Jalur yang bisa di lewati bus adalah melalui jalur Imogiri Terong dan Patuk Dlingo.

“Jalur Imogiri Dlingo hanya boleh dilalui kendaraan R4 dan R2 dikarenakan tikungan Kaliurang tidak cukup untuk manuver kendaraan besar seperti bus,’ jelas Jeffry.

Tak hanya itu, rekayasa lalu lintas rencananya juga akan diberlakukan di Jalan Wonosari saat libur Lebaran.

“Bila antrian kendaraan di simpang Ketandan panjang maka akan di manualkan,” terang Jeffry.

Anggota juga akan melaksanakan patroli di Bukit Bintang dan mengimbau agar tidak parkir ataupun berhenti di bahu jalan.

Tak hanya itu, pihaknya juga akan menempatkan personel urai di simpang 4 Wiyoro.

“Kami akan pasang tolo tolo di simpang 4 Sampakan Kids Fun dan simpang 4 Wiyoro supaya tidak terjadi crosing di simpang tersebut,” jelasnya.

Jeffry juga mengimbau para wisatawan agar tetap berhati-hati saat berkendara, patuhi aturan lalu lintas dan imbauan petugas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

IFMAC & WOODMAC 2024