PKK Kalurahan Sawahan Gelar Lomba Hias Tumpeng

banner before

GUNUNGKIDUL, SURYAPOS – Dalam rangka menyambut hari kesatuan gerak PKK ke-50 PKK Kalurahan Sawahan, Kapanewon Ponjong mengadakan lomba menghias tumpeng di balai Kalurahan Sawahan yang di ikuti oleh 11 kelompok yang merupakan sub PKK di setiap Padukuhan Kelurahan Sawahan pada hari Senin (20/06/2022).

Masing-masing sub PKK yaitu di Padukuhan Sawur, Jatisari, Tengger, Sendang 1, Sendang 2, Selonjono A, Selonjono B, Sambirejo dan Gedong.

Suwarto selaku lurah Sawahan menyampaikan apresiasi terhadap semua peserta lomba dari masing-masing padukuhan dan berharap agar kegiatan ini sebagai wujud pemberdayaan PKK. “Semoga kedepannya Kalurahan Sawahan bisa memfasilitasi kegiatan serupa terutama dalam penganggaran dan lebih banyak lagi kegiatannya”, tambahnya.

Endang Yuliana selaku ketua penggerak PKK Kalurahan Sawahan juga menyampaikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada semua peserta lomba atas partisipasinya semoga bisa menambah pemberdayaan keluarga dan kesejahteraan keluarga dan ke depannya lebih menarik lagi.

Tumpengan sendiri merupakan tradisi turun temurun masyarakat Jawa. Sebagian warga memaknai tumpengan menggambarkan bentuk hubungan antara manusia denganTuhan, dan manusia kepada manusia lainnya yang diadakan untuk menyambut atau merayakan suatu acara.

Tumpengan biasanya di sajikan warga saat menggelar acara sekaligus sebagai sarana bersedekah. Setelah selasai acara nasi tumpeng di sajikan untuk makan bersama atau dalam istilah jawa di sebut “kembulan”.

Hasil lomba menghias tumpeng juara 1 di raih oleh sub PKK Sendang 1, juara 2 Sendang 2 dan juara 3 Selonjono A.

C: Mungkas M

banner 120x600

Leave a Reply

Your email address will not be published.