GPPE 2024

Photo Synthetic Bacteria

Pupuk PSB kaya akan manfaat

PASARKAYU
SaeXpo 2023 Jogja

Pupuk PSB kaya akan manfaat, mulai dari membantu tanaman untuk mendapatkan nutrisi yang dibutuhkan tanaman dan dapat membantu tanaman memanfaatkan sinar matahari secara maksimal.
Selain untuk tanaman,  pupuk PSB baik juga digunakan untuk budidaya ikan dan ternak.  Lebih lanjut bakteri ini dapat diformulasikan dalam bentuk padat, sehingga lebih mudah menyimpan dan menditribusikan dalam jumlah besar. 

Bakteri fotosintesa atau photosynthetic bacteria (PSB) merupakan bakteri autotrof yang dapat berfotosintesis. PSB memiliki pigmen yang disebut bakteriofil a atau b yang dapat memproduksi pigmen warna merah, hijau, hingga ungu untuk menangkap energi matahari sebagai bahan bakar fotosintesa.  Selain itu  Bakteri fotosintetik merupakan bakteri yang dapat mengubah bahan organik menjadi asam amino atau zat bioaktif dengan bantuan sinar matahari.

AYO PASANG IKLAN

Kemampuan bakteri melakukan kegiatan fotosintesis, sehingga bakteri ini dikenal dengan sebutan bakteri fotoautotrof, yaitu bakteri yang dapat membuat makanannya sendiri dengan menggunakan energi yang berasal dari cahaya matahari melalui proses fotosintesa.

Pigmen yang berperan menangkap cahaya matahari untuk fotosintesis adalah bakterioklorofil yang berada pada membran fotosintesis. Bakteri ini memiliki sistem membran yang terbentuk akibat invaginasi membran sitoplasma. Bakteri ini dapat hidup pada kondisi aerob maupun anaerob, dan dapat melakukan fotosintesis maupun fermentasi.

PSB memainkan banyak peran penting dalam suatu tatanan di alam/lingkungan. Enam Phyla bakteri termasuk anggota photosynthesa. Lima dari mereka dikelompokkan sebagai anoxygenic  karena tidak dapat mengoksidasi air termasuk oksigen.

Bakteri Anoxygenik fotosintetik adalah juga diketemukan  di biomassa renik tanah padi mereka berperan utama dalam kesuburan tanah dgn membantu fiksasi nitrogen. Pertumbuhan Diazotrophic (proses tumbuh dgn fiksasi nitrogen)  adalah sebuah kontribusi penting dari PNSB ( Purple Nonsulfur Bakteria) kepada ekosistem

Manfaat PSB :

Fungsi bakteri fotosintesa adalah membantu tanaman untuk menangkap energi matahari matahari menjadi energi yang siap dimanfaatkan oleh tanaman secara maksimal sehingga tanaman selalu terlihat subur dan segar. Ini juga mengandung vitamin dan mineral seperti B1, B2, B5 dan B12, asam folat, vitamin C, vitamin D dan vitamin E.

Adapun manfaat bakteri fotosintesa diantaranya yaitu :

  • Membantu kebutuhan nitrogen untuk segala jenis tanaman. Mengurangi hydrogen sulfida (H2S) di dalam tanah, untuk membantu akar tanaman dapat tumbuh dengan baik,
  • Membantu kemampuan tanaman untuk menyerap pupuk lebih baik,Sel bakteri fotosintetik terdiri dari sekitar 60% protein, yang terdiri dari semua asam amino esensial. Penambahan suplemen atau nutrisi sehingga mampu mengurangi penggunaan pupuk kimia dan secara tidak langsung sangat ramah lingkungan dan bisa mengurangi biaya produksi hingga sampai 50%,
  • Membantu menstimulasi pertumbuhan akar tanaman untuk berkembang dan bercabang dengan baik, sehingga menghasilkan jumlah serat yang baik,
  • Membentu menstimulasi kekebalan tanaman seperti daun, bunga, buah dan kulit kayu sehingga lebih kuat terhadap serangan hama dan penyakit,
  • Membantu akar, daun, bunga dan ranting tanaman tumbuh lebih cepat serta mampu mengurangi infeksi, jamur atau pathogen dan dapat mengendalian penyakit busuk akar.

Informasi dan Penjualan klik disini

Kemasan :

  1. 210 ml
  2. 300 ml
  3. 600 ml
  4. 1500 ml ( 1,5 Ltr )
  5. 4000 ml ( 1,5 Ltr )

Aplikasi pemakaian:

  1. Dengan sistem kocor 1:10 ( contoh 1L pupuk dicampur 10L air )
  2. Dengan sistem spray 1:20 ( contoh 1L pupuk dicampur 20L air )

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

IFMAC & WOODMAC 2024