Polri  

Pastikan perayaan Natal aman, Petugas Jibom PMJ sterilisasi gereja di wilayah Jakarta Timur

Polres Jaktim

PASARKAYU
SaeXpo 2023 Jogja

Jakarta, Suryapos.id – Jajaran Polres Metro Jakarta Timur dan Unit Penjinak Bom (Jibom) Brimob Polda Metro Jaya melakukan sterilisasi di sejumlah Gereja wilayah jakarta timur.

Kapolres Metro Jakarta Timur, Kombes Pol. Dr. Leonardus Simarmata, S.Sos., S.I.K., M.H., M.Han mengatakan, sterilisasi ini guna memastikan perayaan Natal berlangsung berjalan aman.

AYO PASANG IKLAN

Sedari area parkir hingga bagian dalam Gereja diperiksa personel Unit Jibom Brimob Polda Metro Jaya menggunakan perlengkapan khusus untuk memastikan tidak ada benda berbahaya.

“Kami sterilisasi di Gereja-gereja yang cukup besar umatnya, kapasitasnya untuk pelaksanaan malam Natal dan Misa Natal” kata Leonardus di Jatinegara, Jakarta Timur.

Gereja-gereja yang dilakukan sterilisasi tersebut di antaranya GPIB Koinonia, Gereja Santo Yoseph, Kecamatan Matraman, Gereja Katolik Santo Antonius Padua, Kecamatan Jatinegara.

Kemudian Gereja Katolik Keluarga Kudus, Kecamatan Pulogadung, dan Gereja Katolik Santa Anna, Kecamatan Duren Sawit yang mulai malam nanti melaksanakan Misa Natal.

“Jibom ada di lima Gereja, kami sterilisasi di lima Gereja. Nanti (setelah sterilisasi) akan dibuatkan berita acara serah terima bahwa ini (Gereja) telah dilaksanakan sterilisasi,” ujarnya.

Dari hasil sterilisasi yang dilakukan jajaran Polres Metro Jakarta Timur dan Unit Jibom Brimob Polda Metro Jaya itu, tidak ditemukan benda mencurigakan atau berbahaya pada Gereja.

Selain sterilisasi, Leonardus menuturkan pihaknya juga membuat pos pengamanan pada masing-masing Gereja, di mana setiap pos ditempatkan sekitar 20 petugas.

Secara keseluruhan terdapat sekitar 200 Gereja yang tersebar di 10 Kecamatan Jakarta Timur yang dijaga petugas gabungan dari unsur TNI-Polri, Pemerintah Kota (Pemkot).

“Kita bersama pengurus Gereja memastikan pelaksanaan Misa nanti bisa berjalan dengan lancar. Karena pelaksanaan tidak hanya satu kali, tapi bisa dua kali hingga tiga kali,” tuturnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

JIFFINA 2024 JOGJA