Umum  

MERAPI MELETUS

banner before

Sleman SURYAPOS – Posko tanggap darurat bencana Gunung Merapi Kabupaten Sleman 2020-2021 melaporkan situasi perkembangan terkini, terjadi awan panas guguran di Gunung Merapi tanggal 27 Januari 2021 jam 12.53 WIB, status siaga (level 3) sejak 5 November 2020. Para pengungsi tetap harus menjaga protokol kesehatan, memakai masker, mencuci tangan pakai sabun dan hand sanitizer, menjaga jarak dan mencegah kerumunan, sesuai anjuran Satgas Covid yg berlaku dari tgl 11-25 Januari se Jawa Bali dan diperpanjang lagi hingga 8 Februari 2021.

Awan panas guguran tercatat di seismogram dengan amplitudo 55 mm dan durasi 317,8 detik, tinggi kolom tak teramati berkabut, estimasi jarak luncur 2000 m ke arah Barat Daya : hulu Kali Krasak, Boyong (Sumber Tribunnews 28 Jan 2021). Kemudian terjadi kedua kalinya pada pukul 13.32 WIB, dengan guguran awan panas tercatat amplitudo 70 mm dan durasi 240 detik. Hujan abu dan pasir vulkanik mengguyur sebagian daerah Magelang, Balerante Sleman, Klaten dan Boyolali. Upaya yg dilakukan, mengevakuasi warga Turgo Purwobinangun Pakem ke titik kumpul di SD Sanjaya dan lapangan Tritis. 

Tim posko Merapi juga mengerahkan armada dan sumberdaya BPBD dan instansi terkait serta relawan untuk membantu proses evakuasi menyiapkan barak pengungsian di Watuadeg, Purwobinangun, Pakem. Bagian dapur umum juga disiapkan untuk memenuhi kebutuhan pengungsi dan sementara membatasi dan menutup akses jalan ke Turgo Purwobinangun Pakem. Kami cukup prihatin dengan terjadinya erupsi Merapi kali ini yang disusul juga dengan meletusnya gunung Semeru di Lumajang (Jawa Timur), hingga banjir lahar dingin bersamaan dengan erupsi gunung Raung, gn Agung (Bali), gn Sinabung (Sumut Medan), anak gn Rinjani (Lombok NTB) , dan anak gn Krakatau di daratan Sunda, Pandeglang, Kep.Seribu, Banten Jawa Barat berdekatan dengan Jakarta serta perbatasan Lampung ( wilayah Sumatera ). Semoga pandemi corona segera berlalu dan bencana bahaya erupsi tidak terjadi parah lagi di negeri ini. 

POSKO tanggap darurat bencana Gunung Merapi beralamat di 

Jl.Kaliurang km 17, Pakembinangun, Pakem, Sleman Yogyakarta,
Telp/WA:0274-2860051, 
Freq UHF : output 159.800 mhz,
email: pusdalops.sleman@gmail.com
 
 

 

banner 120x600

Leave a Reply

Your email address will not be published.