GPPE 2024

Menhan Prabowo Tinjau Pemasangan Bantuan Pipa Air Bersih di Gunungkidul

PASARKAYU
SaeXpo 2023 Jogja

Gunungkidul (DIY), SURYAPOS.id – Menteri Pertahanan RI Prabowo Subianto meninjau langsung pemasangan bantuan pipa air bersih dari Kementerian Pertahanan dan Universitas Pertahanan (Unhan) di Kalurahan Banyusoco, Kapanewon Playen, Gunungkidul, Provinsi DIY, pada Senin (03/06/2024).

Saat melakukan peninjauan Menhan Prabowo didampingi Bupati Gunungkidul Sunaryanta.

AYO PASANG IKLAN

Kunjungan Presiden terpilih 2024 ini mendapatkan sambutan yang hangat dari masyarakat. Menhan melaksanakan kunjungan kerja di Gunungkidul menggunakan Helikopter Caracal TNI AU dan landing di lapangan sepakbola Krida Buwana yang tidak jauh dari lokasi acara.

Rektor Universitas Pertahanan (Unhan) Letjen TNI Jonni Mahroza, Ph.D., mengatakan pipanisasi yang akan digunakan untuk pengairan baru saja selesai dikerjakan. Air bersih tersebut salah satunya untuk membantu pengairan pertanian warga.

“Setahun kita harapkan dapat panen tiga kali. Bantuan tersebut berasal dari Menteri Pertahanan Prabowo Subianto,” katanya.

“Dengan program ini bisa tiga kali panen. Ini airnya bisa 15 liter per detik, jadi untuk mengaliri semua 82 tandon,” sambung Rektor Unhan RI.

Jonni juga mengatakan, program ini merupakan hasil penelitian dan eksplorasi yang dilakukan oleh Satuan Tugas (Satgas) Air Universitas Pertahanan (Unhan) sebagai bagian dari program pengabdian masyarakat mereka.

“Bantuan ini akan dimanfaatkan oleh 1.500 kepala keluarga (KK),” paparnya.

Pihaknya juga mengatakan, Selama tahun 2023, Satgas Air Unhan telah menemukan sumber air dan membangun instalasi air bersih di lebih dari 130 lokasi yang tersebar di berbagai daerah di Indonesia.

“Bantuan ini berhasil kita berikan salah satunya di Nusa Tenggara Barat (NTB), Yogjakarta, Jawa Barat, Maluku Barat Daya, dan Banten,” terang Jonni.

Usai menerima pemaparan dari Rektor Unhan, Prabowo menyempatkan diri melihat langsung pemanfaatan air yang tidak jauh dari lokasi. Mantan Pangkostrad itu juga mengajak lurah atau kepala desa Banyusoca memanfaatkan bantuan yang ada.

“Saya titip pesan, segala sarana, prasarana, yang sudah dibantu, diberikan itu, dijaga, dirawat supaya kegunaannya, manfaatnya, lebih lama,” ujarnya.

Acara peresmian ini juga dihadiri oleh beberapa pejabat penting, di antaranya Rektor Unhan Letjen TNI Jonni Mahroza; Dekan Fakultas Logistik Militer Unhan Laksda TNI Agus Adriyanto; Kepala Biro Perencanaan, Kerja Sama dan Humas Unhan Marsma TNI E. Soni Astaryadi; Pangdam IV/DIP Mayjen TNI Deddy Suryadi; Danrem 073/Pamungkas Brigjen TNI Zainul Bahar; serta Bupati Gunungkidul Sunaryanta.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

IFMAC & WOODMAC 2024