Umum  

Mahasiswa STPMD APMD, Gelar Aksi “Melawan Kapitalisasi Pendidikan”.

PASARKAYU
SaeXpo 2023 Jogja

Yogyakarta suryapos.id Mahasiswa Sekolah Tinggi Pembangunan Masyarakat Desa (STPMD) APMD Yogyakarta menggelar aksi unjuk rasa dengan membawa tema "Melawan Kapitalisasi Pendidikan" pada Senin (23/8) di kampus STPMD "APMD" yang terletak pada kawasan Timoho Kelurahan Baciro Kemantren Gondokusuman Kota Yogyakarta.
   Aksi yang dilakukan dari beberapa elemen mahasiswa APMD diikuti sekitar 30 orang peserta ini menuntut agar, 
 1.menjamin kebutuhan pokok mahasiswa.
 2.memperjelas platform pembelajaran daring.
 3.Menuntut pemotongan biaya SPP sebesar 50%.
 4.Memfasilitasi Vaksinasi gratis bagi mahasiswa.
   Seperti yang disampaikan Marsel, Kordinator Lapangan Aksi "Melawan Kapitalisasi Pendidikan" pada awak media bahwa, Sistem Kapitalisme sudah menunjukkan ketidakmampuannya, dalam menghadapi krisis ekonomi yang hampir merata di seluruh dunia, diperparah dengan krisis kesehatan yang ada saat ini, dapat diartikan bahwa, dibawah sistem kapitalisme rakyat tidak memiliki perlindungan akan kesehatan dan kesejahteraannya.
   "Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, mengeluarkan kebijakan terhadap perguruan tinggi dengan kuliah online dengan sangat tergesa-gesa tanpa melihat kesiapan fasilitas, lembaga pendidikan maupun dari Kemendikbud sendiri yang tidak menyediakan kuota gratis, hingga memberatkan peserta didik", ujar Marsel.
   STPMD "APMD" sendiri sudah dua tahun menerapkan perkuliahan online, artinya sudah dua tahun pula mahasiswa APMD tidak menikmati fasilitas kampus jadi lembaga STPMD APMD banyak melakukan penghematan biaya operasional/belanja kampus, lebih dari itu dampaknya sangat fatal dalam kegiatan belajar mengajar terkait dengan transformasi ilmu pengetahuan.
   "Padahal kampus memiliki tabungan sebesar Rp 11.75 M, yang merupakan sisa rencana anggaran operasional kampus selama 15 bulan kedepan sebesar 17 M yang sudah dianggarkan (sumber dari paparan informasi keuangan kampus, dari Wakil Ketua II bagian keuangan) harusnya kampus sudah tidak tergantung dari pembayaran uang kuliah mahasiswa, dan hal ini diperkuat dengan data pendapatan dan pengeluaran kampus tahun 2019/2020", tambah Marsel. MRK.
Pendidikan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

JIFFINA 2024 JOGJA