Umum  

Kodim 1806/Teluk Bintuni Kawal Kepulangan Pengungsi Pasca Kontak Tembak Dengan OPM.

HUT TNI KE- 77

Teluk Bintuni suryapos.id Guna memberikan rasa aman pada 96 pengungsi dari Distrik Moskona Barat yang mengungsi akibat kontak tembak Organisasi Papua Merdeka (OPM) dengan Polri pada Jumat (16/7) pekan lalu.
     Sesuai dengan perintah Pangdam XVIII/Kasuari Mayjen TNI I Nyoman Cantiasa SE, M.Tr (HAN) kepada Komandan Korem 182/JO Brigjen TNI Yudha Medy Sharma Zafrul SIP terkait penanganan pengungsi dan pengamanan wilayah Distrik Moskona Barat serta pemulihan stabilitas keamanan.
     "Keberangkatan pengungsi ke kampung halamannya ini merupakan gelombang kedua dengan jumlah 27 orang, sebelumnya kita telah mengembalikan pengungsi sejumlah 69 orang pada Senin (26/7), ujar Danrem di Makorem 182/JO.
     "Sesuai UndangUndang No 34 tahun 2004 pasal 7 ayat 2 tentang penjabaran tugas Operasi Militer Selain Perang (OMSP) yakni membantu penanggulangan bencana alam,pengungsian dan pemberian bantuan kemanusiaan", ujar Danrem menambahkan seperti dalam keterangan tertulis Dispenad.
     Pemulangan pengungsi ini dilakukan dari kota Teluk Bintuni menuju kampung Mayerga Distrik Moskona Barat dilepas oleh Komandan Kodim 1806/Teluk Bintuni Letkol Inf Kadek Abriawan yang didampingi sejumlah unsur Forkompimda Kabupaten Teluk Bintuni.Dalsm sambutanya Dandim mengatakan bahwa kegiatan pengembalian dan pengawalan pengungsi merupakan salah satu bentuk panggilan tugas dan kepedulian untuk ikut serta mengurangi beban masyarakat yang sedang mengalami musibah.
     "Jangan terpengaruh dan terprovokasi oleh oknum yang tidak bertanggung jawab yang ingin memecah belah bangsa ini,mari kita jaga Kabupaten Teluk Bintuni agar kedepan lebih maju lagi", ujar Dandim 
     Dandim menegaskan bahwa aparat TNI Polri di wilayah Papua Barat akan berusaha semaksimal mungkin untuk menjaga keamanan warga khususnya masyarakat Kabupaten Teluk Bintuni terlebih khusus lagi masyarakat di Distrik Moskona Barat.
     "Sudah menjadi tugas Kodim 1806/Teluk Bintuni sebagai satuan kewilayahan untuk bersinergi bersama Pemda dalam membantu setiap permasalahan yang dihadapi warganya,kita ini saudara tugas kita bersama menjaga keamanan", ujar Dandim. BON
Hankam
banner 120x600

Leave a Reply

Your email address will not be published.