Umum  

Kembali Wakili Godean,KWT Ngupoyo Boga Potrowangsan Di Ajang APN 2021

PASARKAYU
SaeXpo 2023 Jogja
Sleman SURYAPOS – Lomba Adhikarya Pangan Nusantara diberikan Pemerintah untuk memberi apresiasi bagi upaya dan prestasi kelompok wanita tani dalam rangka perwujudan kedaulatan pangan, kemandirian pangan dan ketahanan pangan di semua tingkatan.
 
Tim Juri lomba APN 2021 Kab.Sleman yang di pimpin Ir.Yuni Mundiari,MMA melakukan penilaian pada semua aspek yang ada di Kelompok Wanita Tani Ngupoyo Boga Dusun Potrowangsan Kalurahan 
Sidoarum Kapanewon Godean.
 
Dalam paparannya dihadapan tim juri APN 2021 ketua KWT Ngupoyo Boga, Zulidah memaparkan profil, program, produk unggulan dan beberapa kali keikutsertaan KWT Ngupoyo Boga dalam lomba KWT yang diselenggarakan oleh Dinas Pertanian, Pangan dan Perikanan Kab.Sleman bahkan di tingkat Provinsi DI Yogyakarta diantaranya:
  1. Mengikuti kegiatan pemanfaatan lahan pekarangan dalam rangka lomba P2WKSS tingkat Kabupaten Tahun 2018.
  2. Mengikuti kegiatan lomba APN di Dinas Pertanian, Pangan dan Perikanan Kabupaten Sleman
  3. Mengikuti lomba Bejo (Bintang Toedjoe) Jahe Merah
  4. Mengikuti sosialisasi Lumbung Pangan Mataram.
Dalam lomba APN Tahun 2021 ini KWT Ngupoyo Boga Dusun Potrowangsan selain aktif memanfaatkan lahan pekarangan juga telah melakukan kegiatan pemanfaatan hasil panen dari lahan KWT berupa olahan pangan seperti : 
  1.  Wedhang bunga telang
  2.  Nasi biru bunga telang
  3.  Berbagai jajanan warna bunga telang
  4.  Ingkung telang
  5.  Nata coco dari lidah buaya
  6.  Tomakur (tomat kurma)
  7.  Brownis terong
  8.  Selai tomat
  9.  Puding labu
  10.  Telur asin
  11.  Telur ayam bahagia
  12.  Sari kedelai telang
  13.   Lele goreng.
 
KWT Ngupoyo Boga Dusun Potrowangsan juga menerapkan tertib administrasi dalam organisasi. Tidak hanya pencatatan administrasi dalam hal pengeluaran, namun dalam hal penjualan hasil lahan maupun hasil olahan juga tercatat secara baik.KWT Ngupoyo Boga Dusun Potrowangsan juga secara rutin mengadakan rapat anggota setiap tanggal 1 setiap bulan, sebagai sarana evaluasi sekaligus ruang ataupun waktu untuk saling berkomunikasi serta untuk menentukan langkah dan program KWT selanjutnya dengan bimbingan instensif dari PPL UPT BP4 Wil.II Godean,Ponirin.
 
Dalam sambutannya Panewu Godean Drs. Sarjono Msi, berharap KWT Ngupoyo Boga yang mewakili Kapanewon Godean bisa mengukir prestasi lagi dalam lomba Adhikarya Pangan Nusantara 2021 dengan segala pengalaman dan prestasi yang sudah pernah diraih didukung potensi inovasi dan kreativitasnya.
 
 Dalam paparannya tim juri sangat berkesan dengan produk andalan KWT Ngupoyo Boga yang berupa wedang bunga telang dan tertib administrasi dengan capaian nilai tertinggi,walau masih ada 5 KWT lagi yang akan dinilai oleh Tim Penilai lomba APN Kab.Sleman yang dipimpin oleh Ir.Yuni Mundiari MM.
 
Dengan keikutsertaan dalam lomba APN 2021, KWT Ngupoyo Boga bisa membawa prestasi kembali yang bisa membanggakan Kalurahan Sidoarum, “Yang lebih penting lagi bisa meningkatkan perekonomian keluarga”, ditambahkan oleh Ganefo Sugiartono kepada Surya Pos online.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

JIFFINA 2024 JOGJA