Indonesia Raya bergema gerakan menjaga NKRI berdasarkan Pancasila

banner before
YogyakartaSURYAPOS  – ForYou Indonesia (17/5) bersama Kraton Yogyakarta, Kadipaten Pakualaman dan Pemda DIY akan serentak mencanangkan gerakan lndonesia Raya Bergema di Yogyakarta. 

Pencanangan akan dilakukan Gubernur DIY Sri Sultan HB X bertepatan dengan Hari Kebangkitan Nasional 20 Mei 2021 pukul 10.00 WIB disiarkan live streaming dari empat lokasi yakni Gedung Pracimosono komplek Kepatihan, Bangsal Mandalasana Kraton Yogyakarta, Kadipaten Pakualaman dan Pasar Beringharjo. 

Menurut Widihasto pegiat ForYou Indonesia, gerakan lndonesia Raya Bergema adalah kampanye untuk mengumandangkan lagu lndonesia Raya secara kontinu di tempat-tempat publik sebagai upaya menggelorakan nasionalisme rakyat dan menjaga NKRI berdasarkan Pancasila.

Tempat publik dimaksud adalah instansi pemerintah, perkantoran swasta, lembaga pendidikan, pusat perbelanjaan, obyek wisata maupun tempat lain yang memungkinkan. Lagu Indonesia Raya akan dikumandangkan pada jam 10.00 mengacu pada peristiwa detik-detik proklamasi. 

Momentum Hari Kebangkitan Nasional dipilih sebagai bentuk revitalisasi spirit dari peristiwa lahirnya Boedi Oetomo 20 Mei 1908, aktualisasi esensialnya membangkitkan semangat persatuan, kesatuan dan nasionalisme.

Sementara Drs. Imam Pratanadi dari Pemda DIY menyampaikan urutan acara yang akan diawali dengan defile bregada abdi dalem Musikan Kraton Yogyakarta, dilanjut komunitas biola asuhan Ucok Hutabarat berkolaborasi dengan paduan suara ASYB (Alumni SMA Yogyakarta Bersatu) pimpinan Ryo Emmanuel, dengan menampilkan lagu-lagu perjuangan. 

Setelah itu disusul interview sejumlah tokoh masyarakat dari empat lokasi venue siaran. Puncak acara adalah pidato pencanangan lndonesia Raya Bergema oleh Sri Sultan HB X ditandai dengan mengumandangkan lagu lndonesia Raya yang di bawakan korps Musikan dari Bangsal Mandalasana.

Usai pencanangan dihimbau lagu lndonesia Raya dapat di kumandangkan setiap hari dan sesuai ketentuan perundangan seperti berdiri dengan sikap hormat. Supaya himbauan berlaku efektif, Pemda DIY akan keluarkan surat edaran kepada lingkup instansi Pemda DIY,  Pemkot/Pemkab DIY. 

Widihasto menambahkan, masyarakat dapat menyaksikan siaran langsung acara gerakan lndonesia Raya Bergema melalui kanal Youtube Humas Jogja. Selain itu dapat hadir di Pasar Beringharjo atau Bangsal Mandalasana melalui pintu masuk wisata Keben.

Gerakan ini kiranya menjadi kelanjutan visi kebangsaan Amanat 5 September 1945 bahwa Yogyakarta akan selalu menopang dan mendukung keutuhan dan kejayaan NKRI. 

Sementara dalam kesempatan yang sama KPH Notonegoro selaku Penghageng Kridomardowo mengutarakan bahwa gerakan yang diinisiasi ForYou Indonesia ini perlu diapresiasi sebagai bentuk edukasi nasionalisme masyarakat supaya lebih mencintai dan mendalami lagu Indonesia Raya yang menjadi salah satu pusaka adiluhung yang dimiliki bangsa Indonesia. 

Antri Genose
banner 120x600

Response (1)

Leave a Reply

Your email address will not be published.