Umum  

Damkar Bukan Hanya Pemadaman Kebakaran, Namun Mahir Juga Penyelamatan Lainnya.

HUT TNI KE- 77
Yogyakarta SURYAPOS – Pemadam Kebakaran atau lebih dikenal dengan Damkar merupakan sebuah unit yang bertugas memadamkan kebakaran, penanggulangan bencana dan kejadian yang lain.
 
Petugas Damkar yang mempunyai motto “Pantang pulang sebelum api padam, walau nyawa taruhannya“, selain terlatih dalam penanganan kebakaran juga memiliki kemampuan dalam penyelamatan korban bencana, gedung runtuh, kecelakaan lalulintas, korban bunuh diri, orang/hewan terjebak, sarang tawon, evakuasi binatang berbahaya dan penanggulangan pohon roboh.
 
Seperti yang dilakukan oleh Regu III Tim Rescue Damkar Kota Banda Aceh yang mendapatkan laporan dari masyarakat terkait dengan adanya ular berbisa yang ada di dalam rumah milik Mahlil (40) tahun di jl. TK Bhayangkara Gampong Emperum Kecamatan Jaya Baru Kota Banda Aceh.
 
Mahli melihat seekor ular berbisa yang ada didalam kamar mandi rumahnya, agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan, Mahli meminta bantuan Damkar Kota Banda Aceh.
 
Dalam waktu singkat Regu III Tim Rescue Damkar Kota Banda Aceh sudah berhasil menangkap ular dan melakukan pelepasan liar kembali ke habitatnya yang jauh dari lokasi rumah penduduk.
 
Bahkan Damkar Kota Yogyakarta juga pernah melakukan pelepasan cincin dijari manis Rakila Putri Nabila yang menyebabkan jari manis balita ini mengalami pembengkakan, dan dalam waktu 10 menit petugas Damkar kota Yogyakarta Unit Kyai Mojo berhasil melepaskan cincin dijari manis Rakila.
 
Sosok Petugas Damkar dengan berbagai kemampuannya merupakan salah satu upaya untuk memberikan layanan terbaik bagi masyarakat Indonesia yang membutuhkan upaya penanganan cepat.
banner 120x600

Leave a Reply

Your email address will not be published.