GPPE 2024

Bupati Sunaryanta Berikan Penghargaan Kepada 10 Orang yang Berjasa dalam Dunia Seni Adat dan Budaya

PASARKAYU
SaeXpo 2023 Jogja

Gunungkidul (DIY), SURYAPOS.id – Bupati Gunungkidul, Sunaryanta memberikan penghargaan kepada 10 orang yang berjasa dan berkontribusi dalam dunia seni adat dan budaya. Malam Anugerah Kebudayaan Bupati Gunungkidul Tahun 2023 berlangsung di Auditorium Taman Budaya Gunungkidul, Jumat (10/11/2023).

Kepala Dinas Kebudayaan Gunungkidul, Agus Mantara mengatakan, ada dua kategori penghargaan yang diberikan yakni kategori dewasa dan anak. Mereka dinilai telah berkontribusi aktif dalam pelestarian budaya di Gunungkidul serta mempertahankan eksistensi budaya.

AYO PASANG IKLAN

“Penerima penghargaan kategori dewasa akan memperoleh uang pembinaan senilai Rp. 15 juta rupiah serta emas. Untuk kategori anak Rp. 3 juta rupiah dan emas,” kata Agus Mantara.

Pihaknya menerangkan, penerima Anugerah Kebudayaan Bupati Gunungkidul wajib memenuhi kriteria diantaranya terbukti aktif dalam berkarya, melakukan kegiatan seni budaya yang original dan dilakukan secara terus menerus, berjasa dan/atau berprestasi dalam pelestarian budaya Gunungkidul.

“Mereka juga wajib memiliki pengakuan dari lingkungan sekitar, memiliki komitmen untuk melestarikan seni budaya,” paparnya.

Dewan juri Anugerah Kebudayaan Bupati Gunungkidul Agus Kamtono menyampaikan, penerima anugerah telah melalui seleksi yang panjang. Hingga sampai sidang penilaian dan memutuskan 6 kategori dewasa dan 4 kategori anak berhak menerima penghargaan.

“Penghargaan ini sebagai wujud dukungan kepada seniman dan budayawan untuk terus berkarya dan menginspirasi masyarakat serta terus melestarikan budaya warisan leluhur,” katanya.

Usai memberikan penghargaan Bupati Gunungkidul, Sunaryanta berharap ajang ini dapat dijadikan motivasi seluruh masyarakat Gunungkidul dalam melestarikan seni, adat, tradisi dan budaya yang ada. Sehingga banyaknya budaya tidak akan hilang ditelan masa.

“Saya ucapkan selamat kepada penerima penghargaan. Tetap semangat dan terus melestarikan kebudayaan di Bumi Handayani yang kita cintai ini,” kata Bupati.

Penerima Anugerah Kebudayaan Bupati Gunungkidul Tahun 2023 kategori Dewasa diantaranya Budi Suwito (Sukiyo) Pelestari seni, bidang seni pertunjukan (reog). Sandyo, S.Sn
Pelestari seni, bidang seni musik (karawitan). Puji Lestari. Pelestari seni, bidang seni rupa.

Franciscus Xaverius Paulus Susena, S.Pd (Ki Susena Aji) Pelestari adat tradisi, bidang adat istiadat, tata kelola lingkungan, ritual dan upacara adat. Siti Sumei, Pelestari adat tradisi, bidang seni busana dan rias tradisi. Zainal Arifin, pelestari adat tradisi, bidang seni kerajinan tradisi.

Untuk ketegori anak , Sahlana Ummu Az ZahraAnak berprestasi bidang kebudayaan, seni sastra (macapat). Noviyanti Alfitri, anak berprestasi bidang kebudayaan, seni pertunjukan (ketoprak). Dewi Mega Prastiwi, anak berprestasi bidang kebudayaan, seni sastra (waranggana). RR Nirwasita Pinesti Widawati, anak berprestasi bidang kebudayaan, seni tari.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

IFMAC & WOODMAC 2024