GPPE 2024 Surabaya

Budidaya Tomat Itu Mudah, Hasilnyapun Melimpah

PASARKAYU
SaeXpo 2023 Jogja

Yoyakarta SURYAPOS Tomat merupakan jenis tanaman Hortikultura yang banyak di budidayakan oleh masyarakat baik di tataran tinggi dan rendah ,buah tomat banyak di butuhkan untuk konsumsi dalam bentuk buah segar ataupun dengan di jadikan minuman just dan sayur, tomat juga di butuhkan untuk industri seperti pembuatan saus tomat .

Tomat juga banyak mengandung vitamin A dan C dan sangat mudah dalam membudidayakan tidak butuh lahan banyak bahkan bisa dengan polibag dan secara hidroponik.

AYO PASANG IKLAN

Cara budidaya tomat yang baik dan benar memilih lahan yang subur dan gembur dan sistem pengairan yang baik ,lahan di olah apabila PH tanah rendah bisa di tambahkan kapur pertanian (delomit) dengan dosis 150kg/1000 meter pesegi.

Dilanjutkan dengan pembuatan bedeng dengan lebar 120 cm dan untuk barisan ganda dan jika untuk barisan tunggal bisa dengan ukuran 40cm,dengan parit 20 dan kedalaman 30cm.

Selajutnya siapkan benih yang unggul di semai dan kemudian di pindahkan dalam polibag yang di isi dengan tanah yang sudah di campur pupuk kandang dengan perbandingan 2:1.Dilangsir dari Kabartani.com

Langkah selanjutnya setelah daun tumbuh 5 atau kurang lebih 3-4 minggu( MST)bisa mulai memindahkan kelahan atau bedeng yang sudah di siapkan,usahakan untuk pemindahan kelahan di lakukan Sore hari.

Pisahkan polibag dan pindahkan bibit kelahan yang sudah siap lakukan penyiraman air secukupnya ,setelah 2 minggu MST lakukan penyulaman bibit yang mati.

Selajutnya pemupukan bisa dengan pupuk urea dan KCI dengan perbandingan 1:1 dengan takaran 1-2g/batang dengan jarak 3cm dari tanaman dan di tutup tanah lalu di siram air secukupnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

IFMAC & WOODMAC 2024