GPPE 2024
Umum  

Bendungan Kuningan Diresmikan Presiden Jokowi

PASARKAYU
SaeXpo 2023 Jogja

KUNINGAN. SuryaPos.id – Presiden RI Joko widodo didampingi oleh Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, dan Bupati Kuningan Acep Purnama,  meresmikan Bendungan kuningan,Provinsi Jawa Barat,  pada Selasa(31/08).
Bendungan yang telah dibangun selama tujuh tahun dengan biaya Rp513 miliar tersebut siap untuk digunakan, bendungan Kuningan ini mempunyai kapasitas menampung air 25,9 juta meter kubik, dapat di gunakan mengairi 3ribu Hektar sawah yang ada di sekitar bendungan tersebut .
 
“Dengan di resmikannya bendungan yang  dibangun selama 7 tahun dengan biaya Rp513 miliar hari ini selesai dan siap untuk difungsikan, jika suplai air untuk irigasi ini terus dijaga maka petani bisa menambah frekuensi tanamnya dari satu kali setahun menjadi dua kali  atau  tiga kali setahun, sehingga akan dapat meningkatkan produksi dan petani kita sejahtera,” jelas Presiden.
 
Bendungan kuningan ini selain fungsi utama untuk irigasi di harapkan juga bermanfaat lain bagi masyarakat di antaranya untuk ketahanan  air juga dapat mengendalikan banjir.
 
 
Presiden meminta agar adanya bendungan kuningan tersebut di iringi pembuatan sambungan dan  penataan jaringan irigasi sehingga   Bendungan Kuningan ini dapat memberikan manfaat nyata untuk petani dalam penyediaan air irigasi.
 
“Harapan saya bendungan ini bisa memberikan nilai tambah bagi daerah bukan saja meningkatkan produktivitas pertanian tapi juga memudahkan penyediaan air bersih yang bermanfaat bagi kepentingan masyarakat,”  pungkas,” Presiden. (Sel,31/08/2021)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

IFMAC & WOODMAC 2024