GPPE 2024 Surabaya

Lomba Desa Tingkat Provinsi DIY 2024, Kalurahan Giritirto Terpilih Mewakili Gunungkidul

PASARKAYU
SaeXpo 2023 Jogja

Gunungkidul (DIY), SURYAPOS.id – Kalurahan Giritirto, Kapanewon Purwosari, Gunungkidul, berhasil terpilih untuk mewakili Kabupaten Gunungkidul dalam Lomba Desa/Kalurahan tingkat Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) tahun 2024.

Tahun ini mengambil tema “Mewujudkan  Masyarakat Sejahtera melalui Belanja Kalurahan yang Berkualitas”, lomba ini bertujuan untuk mengevaluasi dan mendorong perkembangan desa-desa di DIY.

AYO PASANG IKLAN

Bupati Gunungkidul, Sunaryanta, dalam pidatonya menyampaikan kebanggaannya atas prestasi yang diraih Kalurahan Giritirto. “Pak Lurah dan seluruh warga masyarakat Giritirto telah menunjukkan semangat yang luar biasa. Dari tiga kalurahan yang diajukan, Giritirto berhasil menjadi yang terbaik. Semangat dan kerjasama warga sangat terasa dan ini menjadi contoh bagi daerah lain,” ujar Sunaryanta di Balai Balurahan Giritirto, Kamis (30/5/2024).

Dalam sambutan penerimaan tim penilai, orang nomor satu dipemerintahan Gunungkidul ini juga menambahkan bahwa persiapan yang matang dan keterlibatan aktif warga merupakan kunci utama keberhasilan ini.

Sunaryanta juga mengapresiasi berbagai inisiatif ekonomi yang dilakukan oleh warga Giritirto, seperti penanaman tembakau dan bawang merah, yang telah memberikan dampak positif pada perekonomian lokal.

“Saya yakin, dengan semangat dan kerja keras yang ada, Giritirto tidak hanya bisa bersaing di tingkat Provinsi, tapi juga di tingkat nasional,” kata Sunaryanta.

Dalam kesempatan yang sama, Kepala Biro Bina Pemberdayaan Masyarakat DIY, Danang Setiadi, S.I.P., M.T., menyampaikan bahwa lomba ini sejalan dengan visi reformasi kalurahan yang diusung oleh Gubernur DIY.

“Lomba ini tidak hanya menilai tata kelola pemerintahan desa, tetapi juga aspek pemberdayaan masyarakat dan pengembangan kewilayahan. Harapannya, reformasi kalurahan dapat meningkatkan kualitas layanan kepada masyarakat,” kata Danang yang juga ketua tim penilai itu.

Pihaknya mengatakan, tahapan pertama dari lomba ini adalah penyampaian data dan dokumentasi perkembangan Kalurahan Giritirto, yang telah dilakukan oleh Lurah beserta jajarannya.

“Klarifikasi lapangan ini adalah tahap kedua, dimana tim penilai akan memastikan keakuratan data yang telah disampaikan,” tambah Danang.

Paparan final dari Kalurahan Giritirto akan disampaikan pada tanggal 4 Juni 2024 di Kantor Gubernur DIY. “Pak Lurah dan tim diharapkan hadir untuk memberikan penjelasan lengkap di depan tim penilai,” tutup Danang.

Ketua Tim Penggerak PKK Gunungkidul, Diah Sunaryanta menyampaikan, dengan semangat dan dukungan penuh dari pemerintah dan masyarakat, Kalurahan Giritirto optimis dapat meraih hasil terbaik dalam Lomba Desa/Kalurahan tingkat DIY tahun 2024.

“Kekompakan dan semangat masyarakat sangat tinggi. Dapat dilihat dari penyambutan, persiapan acara semua sangat tertata,” ungkap Diah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

IFMAC & WOODMAC 2024