EdukasiUmum

Mitra Simin Milik Pemerintah Kapanewon Semin Mudahkan Masyarakat Akses Informasi

Gunungkidul (DIY), SURYAPOS.id – Pemerintah Kapanewon Semin, Kabupaten Gunungkidul membuat terobosan baru yaitu inovasi komunikasi masyarakat yang disebut dengan Mitra Simin (Status Informasi Kapanewon Semin). Mitra Simin adalah sebuah group Whatsapp yang didalamnya beranggotakan warga masyarakat dari kalangan usia menengah sampai usia tua yang bertujuan sebagai media komunikasi bagi mereka untuk mencari solusi atau media pengaduan tentang pelayanan yang bisa diselesaikan secara cepat dan tepat.

Hal itu disampaikan oleh Panewu Semin Haryanto, S.E., saat ditemui awak media diruang kerjanya pada Selasa (17/10/2023) siang. Ia menyampaikan, terbentuknya group Whatsapp yang disebut Mitra Simin ini berawal dari ide yang muncul dari bagian bidang pelayanan umum Kapanewon Semin yang hampir setiap hari hampir bersentuhan dengan masyarakat dalam memberikan beragam pelayanan.

Sedangkan, Mitra Simin ini, dikatakan Haryanto, didalamnya beranggotakan ribuan warga masyarakat yang berasal dari 10 Kalurahan di Kapanewon Semin, sementara untuk Dapur Mitra Simin sendiri berasal dari nomor Pemerintah Kapanewon Semin, Kapolsek, Danramil, KUA, PLN, Damkar, Puskesmas, dan juga nomor instansi lain yang bersinggungan langsung dengan pelayanan masyarakat.

Panewu mencontohkan, salah satunya adalah pengaduan masyarakat berkaitan dengan hilangnya Kartu Nikah dengan hal tersebut dengan adanya Mitra Simin masyarakat bisa langsung berkomunikasi dengan KUA setempat dan langsung mendapatkan solusi permasalahannya.

Selain itu, Haryanto mengambil contoh, ketika muncul pengaduan masyarakat berkaitan dengan jaringan listrik yang mati, maka menurut Haryanto, Mitra Simin pada saat itu langsung berkomunikasi dengan pihak PLN yang langsung mendapatkan respon perbaikan. Dampak kemarau, kata dia, masyarakat membutuhkan air maka Mitra Simin berkomunikasi dengan Dinas Sosial ataupun kantor BPBD Kabupaten Gunungkidul yang diharapkan masyarakat segera mendapatkan bantuan air bersih.

Seperti juga pelayanan kepengurusan data kependudukan dilingkup Kapanewon, masyarakat bisa mendapatkan informasi langsung melalui Mitra Simin ini apakah surat yang mereka urus sudah jadi atau belum, jadi mereka tidak usah wira wiri datang dan kita yang mengumumkan,” kata Haryanto.

Namun disisi lain Panewu Semin mengaku, Mitra Simin ini sebagai media menyampaikan pengaduan masyarakat yang bisa memberikan solusi dan pada saat itu. Sedangkan, berkaitan pengaduan masyarakat yang sifatnya memerlukan waktu seperti misalnya pengaduan jalan rusak, maka peran Mitra Simin disini adalah memberikan informasi dan melaporkannya kepihak atau instansi yang terkait.

Jadi Mitra Simin ini, sebagai media penyambung lidah keluhan masyarakat yang sifatnya bisa segera ditindak lanjuti,” imbuhnya.

Haryanto berharap dengan metode yang seperti ini, selain untuk lebih menjalin silaturahmi dan keakraban antar pemerintah Kapanewon beserta instansi yang lain dengan warga masyarakat, Mitra Simin diharapkan mampu menjadi wadah untuk mencari solusi tentang pengaduan berkaitan dengan pelayanan masyarakat secara langsung.

Namun masyarakat yang tergabung didalam Mitra Simin ini dalam memberikan informasi ataupun pengaduan diharapkan riil dan disertai data yang valid, dan jangan sampai informasi yang diberikan tidak sesuai fakta sehingga hanya akan menimbulkan berita bohong,” tegas Panewu Semin.

Exit mobile version